Jumat, 27 Agustus 2010

kampas kopling salah pasang bisa angus

Kalau karena penggunaan bisa bikin kampas kopling hangus sih sudah banyak yang tahu. Tapi, ada penyebab kampas bisa hangus karena kurang disadari. Fatalnya bukan karena pengguna yang salah teknik memainkan kopling, tapi mekanik bengkel enggak tahu tuh aturan main pasang kampas dan pelat kopling.

Paling jelas pemasangan kampas kopling. Dibolak-balik kampas kopling sepintas mirip. Padahal, ada bagian yang sedikit lebih tebal dibanding sisi yang lain. “Patokannya angka di kaki kampas,” bilang Subronto Laras dari Mandiri Motor, Jakarta.
3854kampas-hangus-gt-2.jpg
Bronx alias Subronto mengingatkan aturan pasang kopling harus mengecek posisi angka di kaki kampas. Yang benar, nomor di pegangan kampas sebagai patokan. “Pasangnya harus ke arah luar semua. Jangan sampai mengarah ke dalam,” bilang Bronx yang bengkelnya di Jl. Panjang, Jakarta Barat.

Logikanya kenapa mesti dipasang ke arah luar dengan patokan angka di kaki kampas. Material friction clutch paling tebal hanya satu sisi di bagian yang ada angka di kaki kampas.

Sedang gesekan dan beban paling kuat ada di bagian yang ada angkanya. Seandainya dipasang terbalik, gesekan kampas dengan pelat pasti kejadian selip. Selip awal dari gejala kampas kopling bakal hangus.

Nah, ada lagi yang dilupakan mekanik waktu mengganti kampas kopling. Apa pernah mengecek ketebalan pelat? “Seandainya ketebalan kurang, pasti muncul gejala selip. Sudah ada patokan standar ketebalan pelat minimal. Seharusnya mekanik tahu,” tambah Yongi Setiady dari Yong’s Motor, Bandung.

Ukuran pelat kopling secara umum 0,01 mikron. Lebih dari itu berarti ketebalannya berkurang.

Penulis/Foto : Niko/YUdi
sumber :motorplus-online

7 komentar:

  1. saya baru ganti kampas kopling mx new..pas awal ga ada masalah enak aja paling slip pas pertama aja..nah sekarang ko slip nya parah ga ada tenaganya.mesin meraung ..kenapa ya gan

    BalasHapus
  2. Ganti plat nya lagi + cek kaki4 dan lawannya .. jika kena mesipun ganti plat baru tidak akan ada hasilnya ..

    BalasHapus
  3. Bos saya udah terapkan di new vixion.. saya bongkar sendiri motornya emang beda rasa juga feelingnya kalo plat kampas yg kakinya ada nomer dibawa kedalam ... dan oernab mekanik yamaha salah naruh .... satu kampas yg ada kakinya saling berhadapan dan motor terasa berat ... lalu saya cek dan ternyata benar ... dan disana saya kembalikan awal sesuai kemauan saya nomer kakinya menghadap keluar semua .. terus plat besi koplingnya awalnya tajamnya di bagian luar .. .. terus saya balik lagi tajamnya menghadap kedalam dan feelingnya beda lagi lebih maknyus tarikan nya .. saya mau nanya apa benar cara pemasangan plat kopling yg saya terapkan ..... mohon pencerahan nya ya sekiranya bisa saya bisa konsultasi masalah motor saya bisa via wa 082144744037 mohon bantuan nya .... salam

    BalasHapus
  4. Saya baru ganti kampas kopling motr vega r.tpi setelah ganti tenaganya hilang,tarikan mesin jadi berat meraung gak ada lari.mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan saya juga begitu..tarikan motor jadi berat

      Hapus
  5. Saya sudah terapkan di motor Vega r new,pas selesai pasang ,ko semua kampas kopling tidak ngepres alias koplak sama tutup rumah kopling

    BalasHapus
  6. Bos kopling saya setel agak kendor jdi maen deket setang..waktu jalan berapa kilo kopling saya jadi jarak jauh pencet dikit masuk kadang kembali normal..kira kira apanya ya..setelah pergantian kampas kopling jadi gitu..

    BalasHapus