Jumat, 27 Agustus 2010

meremote pc non ip public

Terkadang untuk suatu hal, komputer Anda yang ada di kantor harus di remote dari suatu tempat misalnya saja di rumah atau di tempat akses public. Tentu saja akan sangat mudah jika di kantor menggunakan ip public yang langsung terhubung ke worldwide. Namun jika komputer kantor menggunakan IP Private atau di cumi seperti di kampus, tidak akan bisa di remote dari luar.
Sebaliknya, jika kita dirumah hanya memiliki jaringan broadband dan komputer tersebut akan di remote dari tempat lain maka komputer tidak akan bisa diremote karena IP yang digunakan oleh jaringan broadband adalah IP dinamis. Setiap kita connect ke jaringan, pasti akan mendapat IP yang berbeda.
Nah bagaimana solusinya agar komputer dengan ip private yang secara tidak langsung bisa terhubung ke world wide atau komputer dengan IP dinamis tersebut bisa di remote dari tempat lain? Untuk masalah tersebut, kemarin saya mencoba menggunakan teamviewer. Dengan software ini, dengan koneksi apapun, komputer Anda pasti bisa diremote asalkan:
kedua komputer terhubung ke internet baik secara langsung atau tidak langsung,
keduanya harus diinstal software tersebut

Langkah yang sangat mudah agar Anda bisa segera meremote adalah :
  1. Download software teamviewer tersebut.
  2. Instal program ke komputer ingin Anda remote dan yang akan diremote (kedua komputer harus diinstal semua)
  3. Jalankan program tersebut di kedua komputer
  4. Jika terhubung dengan internet, maka Anda akan melihat kotak-kotak, bertuliskan ID dan password. di wait session dan create session.
  5. Wait session adalah ID dan password untuk mengakses komputer Anda.
  6. Create session adalah tempat untuk meremote komputer tujuan.
  7. Untuk meremote komputer yang ada di suatu tempat, hal yang harus diketahui adalah ID dan password.
  8. Masukkan ke dalam kotak di create session. Kemudian click connect to partner.
  9. Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapati desktop Anda yang ada nan jauh disana akan muncul di hadapan Anda.
  10. Anda bebas melakukan apa saja dengan teamviewer ini.
Agar komputer yang di remote tidak bergerak-gerak sendiri desktopnya, maka disettinglah teamviewer tersebut, waktu di jendela remote desktop, pilih actions -> disable remote input dan show blank screen, pastilah di komputer tujuan akan mati monitornya.
Agar remote komputer lebih leluasa, settinglah di configure permanent access to this computer. Isikan password di dalam kotak. Hal ini bertujuan agar ketika logoff, kita bisa login ke desktop tersebut lagi. Komputer juga bisa direboot secara jarak jauh. Kerenlah pokoknya.
Sayangnya software ini hanya trial selama 7 hari. Jika ingin menggunakan selamanya, harus membayar.
Software ini sangat berguna ketika kita ingin mengerjakan sesuatu di komputer yang dituju,misal saja maintenance, download program, simulasi yang begitu lama, dll.
Selamat mencoba!
sumber http://ardianeko.net/2010/05/meremote-komputer-non-ip-public-ip-dinamis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar